Rabu, 22-01-2025
  • Selamat Datang Di Website Resmi MI Darul Khairat Banjarmasin

Mengapa Guru Madrasah Harus Melek Teknologi dan Bersahabat dengan Digitalisasi

Diterbitkan :

Pendahuluan
Di era digital, guru, termasuk di madrasah, tak boleh ketinggalan dalam pemanfaatan teknologi. Perubahan yang cepat ini menuntut guru untuk memiliki keterampilan digital. Teknologi seharusnya dilihat sebagai alat bantu yang bisa memudahkan tugas sehari-hari, termasuk dalam pendidikan. Maka, sudah waktunya meninggalkan alasan seperti “tidak bisa” atau “sudah terlalu tua.” Yang penting adalah kemauan untuk belajar dan berkembang.

Alasan Guru Madrasah Harus Beradaptasi dengan Teknologi
Kementerian Agama telah mengimplementasikan platform seperti EMIS 4.0 untuk mendukung tugas guru melalui sistem basis data terintegrasi yang memuat informasi penting—seperti profil guru, sertifikasi, dan penilaian kinerja. Pemahaman teknologi mempermudah proses ini, dengan beberapa alasan utama, antara lain:

  1. Efisiensi Administrasi: EMIS memungkinkan pengelolaan data riwayat pendidikan, absensi, dan jadwal mengajar secara digital dan real-time.
  2. Akses Data Terintegrasi: Data kini terkumpul dalam satu sistem, membuat akses informasi penting menjadi lebih mudah.
  3. Pendukung Tunjangan dan Sertifikasi: EMIS membantu mencatat kelayakan guru dalam menerima tunjangan dan sertifikasi yang penting bagi kesejahteraan mereka.

Teknologi Tidak Mengenal Usia: Semangat Belajar adalah Kunci
Digitalisasi bukan hanya untuk generasi muda; usia hanyalah angka dalam pembelajaran teknologi. Dengan semangat belajar, guru dari berbagai usia dapat menguasai teknologi. Beberapa tips untuk memulai adalah:

  • Mulai dari Dasar: Pelajari fitur-fitur sederhana terlebih dahulu, seperti login dan memperbarui data.
  • Bertanya dan Konsultasi: Jangan ragu bertanya kepada operator madrasah atau rekan yang lebih berpengalaman.
  • Ikut Pelatihan: Manfaatkan pelatihan dari madrasah atau Kementerian Agama tentang teknologi pendidikan.

Menjadikan Teknologi sebagai Sahabat, Bukan Tantangan
Ketika teknologi dianggap sebagai teman, berbagai kemudahan akan terasa. EMIS dan teknologi lainnya hadir untuk membantu tugas guru secara efisien. Manfaat teknologi antara lain:

  • Manajemen Data yang Teratur: Guru dapat mengunggah dokumen penting sehingga data tersimpan rapi.
  • Pemantauan Kehadiran dan Tugas: EMIS memudahkan pencatatan kehadiran digital untuk penilaian tunjangan atau keaktifan.
  • Peningkatan Kualitas Pengajaran: Dengan manajemen jadwal dan tugas, guru dapat fokus menyiapkan materi dan mengikuti kurikulum.

Tidak Ada Alasan “Tidak Bisa” Selama Ada Kemauan
Pepatah mengatakan, “di mana ada kemauan, di situ ada jalan.” Hal ini berlaku dalam penggunaan teknologi di madrasah. Meski awalnya mungkin sulit, dengan ketekunan, semua bisa dipelajari. Madrasah juga perlu mendukung pelatihan berkelanjutan agar guru makin mahir dalam teknologi.

Kesimpulan
Menghadapi era digitalisasi pendidikan, guru madrasah perlu menghilangkan mindset “tidak bisa” atau “sudah terlalu tua.” Teknologi seperti EMIS 4.0 bisa memudahkan administrasi dan manajemen tugas, sehingga guru lebih fokus pada pengajaran. Mari jadikan teknologi sebagai sahabat yang mendukung tugas mulia kita dalam mendidik generasi penerus.

0 Komentar

Beri Komentar

Balasan